Tel: (021) 7579 1377      Email: sekr-ptpsw@bppt.go.id

 

Setelah hampir 2 tahun melakukan implementasi estimasi luas panen padi, mulai bulan April 2019 ini, BPS memulai kegiatan baru untuk melakukan ujicoba implementasi estimasi luas panen jagung. Estimasi luas panen jagung memiliki tantangan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan padi, dimana padi mempunyai landasan luas baku lahan sawah (N = universe; sebagai luas referensi) yang sudah diformalkan oleh Kementerian ATR/BPN, sedang jagung belum memiliki luas baku lahan. Selain itu di banyak daerah pengusahaan jagung merupakan pengusahaan sela yang memanfaatkan lahan yang belum diusahakan untuk komoditas lain dan pola pengusahaan yang berpindah-pindah dari masa tanam satu ke masa tanam lainnya.


Kendala dan kesulitan tersebut dapat diminimalisir dengan cara bersinergi antara institusi stakeholder dalam pelengkapan dan penyempurnaan sebaran dan luasan daerah-daerah sentra jagung. Untuk itu pada hari Selasa, 30 April 2019, BPS mengundang institusi stakeholder dalam acara “Sosialisasi Membangun Geospatial Statistics Komoditas Jagung untuk Mendukung Ketahanan Pangan” yang dipimpin oleh M. Habibullah, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS. Pihak BPPT dihadiri oleh Direktur PTPSW Ir. Yudi Anantasena MSc.


Dalam pertemuan tersebut BPS menjelaskan latar belakang kebutuhan tentang perlunya pendataan dan estimasi luas lahan jagung secara obyektif (objective measurement) dan dengan metodologi yang bisa dipertanggung jawabkan dan meminta dukungan dan kerjasama dari instansi-instansi terkait dalam rangka mensuskeskan ujicoba implementasi estimasi luas panen jagung. Rencananya, pada akhir tahun ini, pelaksanaan estimasi luas panen jagung akan dievaluasi secara bersama-sama untuk pengembangan dan penyempurnaan ke depannya. Diharapkan pada tahun 2021, Indonesia sudah memiliki data produksi jagung nasional yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan

Statistik Pengunjung

1.png0.png7.png9.png5.png3.png
Today62
Yesterday68
This week693
This month2175

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Wilayah (PTPSW) - BPPT 

Gedung Geostech 820 Kawasan Puspitek Serpong

Telp. 021.75791377, 021.75751379; Ext. 9025/4404

Fax. 021.75791401