Tel: (021) 7579 1377      Email: sekr-ptpsw@bppt.go.id

       2a

 Foto besama di depan Kantor BPS Manggarai Barat

    Kegiatan monitoring KSA Komoditas jagung ini merupakan bagian dari kegiatan Pembangunan Kerangka Sample KSA Komoditas Jagung dan Uji implementasi KSA Jagung dan untuk monitoring kali ini dilakukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Monitoring dilakukan terlebih dahulu dengan melakukan pengecekan hasil amatan yang sudah dilakukan oleh para Petugas Pencacah Sample (PCS) pada survey KSA bulan September 2019. Para PCS melakukan pengamatan, pencatatan dan pelaporan fase tumbuh jagung di segmen yang sudah ditentukan. Secara umum informasi pencatatan tediri atas, fase tumbuh jagung (kode 1 sampai kode 8), kode 9 adalah kode untuk lahan pertanian yang ditanami bukan jagung dan kode 10 adalah titik amat berupa bukan lahan pertanian seperti rumah, jalan, hutan dan sebagainya.

     Hasil pengamatan pada bulan September 2019 sebanyak 50% segmen di Prov NTT menunjukkan hasil amatan berupa fase tumbuh jagung. Monitoring saat ini dilaksanakan di Kabupaten Manggarai Barat kabupaten paling barat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hasil diskusi dengan para staf seksi Statistik Produksi, Pak Heri, Pak Siprianus Jehadun menginformasikan bahwa saat ini sebagian besar lahan jagung di Kabupaten Manggarai Barat belum ditanami karena masih kemarau.

         Hasil pengamatan survei sebelumnya di Manggarai Barat ini terdapat 40 segmen jagung dimana hanya 18 segmen yang memberikan informasi fase tumbuh jagung, sisanya berkode 9 dan 10.  Ada dua segmen dimana keempat sub segmennya berkode 10 yang terdapat di Kecamatan Lembor, informasi yang diperoleh segmen tersebut salah sasaran karena terjadi pergeseran usulan koordinat dari yang diperoleh di lapangan.

        Tim Monitoring melakukan pengamatan ke Kecamatan Komodo, Boleng, Mbeliling dan Lembor antara tanggal 15 – 19 November 2019. Hasil pengamatan lapangan, beberapa segmen perlu dilakukan pergeseran pada lokasi lahan jagung. Beberapa wilayah masih menunggu hujan turun untuk ditanami jagung seperti di Kecamatan Boleng, walaupun di bagian lain di kecamatan ini jagung sudah mencapai fase generatif. Di Kecamatan Lembor yang merupakan sentra produksi beras di Kabupaten Manggarai Barat lahan sawah sudah masuk fase pengolahan lahan sampai vegetatif akhir, tetapi telihat belum ada tanaman jagung yang ditanam. Di Kecamatan Komodo ditemukan tanaman jagung yang baru V1 sekitar 1 minggu baru ditanam.

         Aplikasi KSA jagung disematkan pada perangkat android membimbing untuk menuju lokasi segmen. Kode 9 yaitu lahan tanaman pangan yang tidak ditanami jagung hasil survey sebelumnya kemungkinan akan ditanami jagung bila hujan mulai datang, dan bisa pula terjadi bahwa lokasi segmen tersebut jatuh pada lahan pertanian lainnya seperti padi.

Statistik Pengunjung

1.png0.png7.png9.png5.png3.png
Today62
Yesterday68
This week693
This month2175

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Wilayah (PTPSW) - BPPT 

Gedung Geostech 820 Kawasan Puspitek Serpong

Telp. 021.75791377, 021.75751379; Ext. 9025/4404

Fax. 021.75791401